Kamis, 26 April 2012

Band Fenomenal Queen

Queen layak sekali diposisikan sebagai band terbaik di urutan teratas. Dari segi lagu, mereka memiliki lagu yang sering dinobatkan sebagai lagu terbaik sepanjang masa yaitu Bohemian Rhapsody. Ciri khas musik mereka sendiri sangat beragam. Terlebih mereka punya vokalis yang begitu terkenal hebat dan begitu memiliki ciri khas yang sangat kaya dari segi teknik vokal, musikalitas, serta aksi panggung yang sangat menawan. Band ini terdiri dari sarjana-sarjana di bidang mereka sendiri. Freddie Mercury sang vokalis merupakan sarjana di bidang seni, Brian May sang gitaris saat ini merupakan dokter kehormatan phD di bidang astronomi, sang drumer Roger Taylor di bidang kesehatan (kalau tidak salah kedokteran gigi), dan sang pembetot bass John Deacon merupakan sarjana teknik elektro yang kemudian menciptakan amplifier yang sering digunakan sang gitaris di periode 70an – 80an. Setiap personil memiliki ciri khas musik tersendiri yang kemudian disatukan dalam keunikan mereka menciptakan lagu.

Lagu-lagu Queen terdiri dari unsur opera yang begitu khas dan tidak melupakan unsur rock danrock ‘n roll sebagai unsur utamanya. Selain ketiga jenis musik tersebut, ciri khas musik heavy metal,hard rock, ballad, pop, disco, jive, blues, jazz, rock choir dan sebagainya tidak luput dari bahan dasar racikan musik mereka. Terlebih mereka punya Freddie Mercury sebagai frontman yang bisa menyanyikan aliran musik itu semua. Dia sering menciptakan musik dan lagu dengan kord-kord yang aneh dan susah sekali dimainkan dengan gitar. Freddie Mercury sangat handal bermain piano, dan kebanyakan lagunya dimainkan dengan instrumen tersebut. Setiap lagunya memiliki ciri khas yang catchy dan enak didengar. Terlebih suara gitar buatan tangan sang gitaris Brian May dan ayahnya menambah pesona musik mereka. Lagu yang dinyanyikan terdapat unsur paduan suara yang sangat menawan antara Freddie Mercury, Brian May, dan juga Roger Taylor. Ketiganya sering menambahkan sisi paduan suara dalam lagu-lagu mereka. Tidak lepas dari itu juga, sang bassis yang pendiam memainkan baris bass yang sangat enak didengar seakan berkata dengan alat musik tersebut.

Queen berdiri di London tahun 1970. Band itu awalnya bernama Smile yang terdiri dari Brian May sebagai gitaris, Roger Taylor sebagai drumer, dan Tim Staffel sebagai bass dan vokalis utama. Tim Staffel sendiri merupakan teman baik dari Freddie Mercury yang memperkenalkannya ke personil Smile lainnya. Akhirnya Tim Staffel mengundurkan diri dengan alasan ingin berkarir solo, dan Freddie Mercury mengajukan dirinya menjadi vokalis dan mengganti nama menjadi Queen. Freddie Mercury yang merupakan mahasiswa kesenian merancang lambang band tersebut menggunakan shio mereka semua.

Tahun 1971, Queen yang masih merupakan band baru mencari seorang bassis untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Tim Staffel. Setelah mengaudisi 6 orang, akhirnya John Deacon dipilih mengisi posisi tersebut sebagai orang ketujuh atau the lucky seventh. Queen pun membentuk album berjudul Queen dan merasakan sukses mulai dari album ketiga mereka, Sheer Heart Attack. Setelah itu mereka menjadi sangat terkenal bahkan di Amerika Serikat setelah merilis album A Night At The Opera yang diisi oleh lagu mahakarya mereka sebagai musisi, yaitu lagu Bohemian Rhapsody dan juga Love of My Life.

Sampai saat ini Queen masih diakui oleh band-band muda hingga musisi-musisi senior sebagai panutan dalam karya musik. Sampai saat ini juga masih berkumandang lagu We Will Rock You dan We Are The Champions. Bahkan Lady Gaga sendiri menamakan dirinya seperti itu karena terinspirasi oleh Queen dan lagunya yang berjudul Radio Ga Ga. Queen-lah yang layak sebagai band nomor 1 terbaik sepanjang masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar