Sabtu, 21 April 2012

Manfaat ASI Bagi Bayi Prematur

Manfaat ASI Bagi Bayi Prematur
Air Susu Ibu
Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak Manfaat ASI Bagi Bayi Prematur - Bayi yang lahir secara prematur harus mendapatkan penanganan khusus. Namun ternyata semakin cepat bayi prematur mendapatkan susu ASI maka semakin besar manfaat yang bisa didapatkannya.

Studi dari University of Oxford menemukan bayi tidak memiliki risiko yang tinggi terkena masalah parah di usus jika ia mendapatkan susu ASI lebih dini, ASI ini biasanya diberikan melalui tabung.

Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Pediatrics didapatkan sekitar 400 bayi lahir 5 minggu lebih awal dari jadwal yang sebenarnya, dan sebagian besar dari bayi ini membutuhkan beberapa perawatan khusus karena adalah masalah yang bisa mengancam jiwa.

Seperti diketahui bayi lahir prematur berisiko tinggi rentan terhadap masalah usus yang parah termasuk kondisi necrotising enterocolitis (NEC), kekhawatiran kondisi ini dulu dicegah dengan menunda pemberian susu.

Dalam studi ini peneliti melibatkan bayi dari 54 rumah sakit di seluruh Inggris dan Irlandia. Sekitar setengah dari bayi ini diperkenalkan susu pada hari kedua kehidupan, sedangkan setengahnya lagi diberikan pada hari keenam.

Manfaat ASI bagi bayi prematur. Penelitian yang dipimpin oleh Dr Alison Leaf dan Professor Peter Brocklehurst menyimpulkan bahwa bayi yang mendapatkan susu lebih awal yaitu sekitar 24-48 jam pertama setelah lahir mendapatkan manfaat besar.

"Memberikan makan pada bayi menjadi tantangan tersendiri karena organ tubuhnya termasuk usus belum dewasa atau matang," ujar Dr Leaf dari Princess Anne Hospital di Southampton, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (21/4/2012).

Sementara itu Profesor Brocklehurst dari Institute for Women's Health di University College London menuturkan memberikan makan lebih dini pada bayi yang memiliki risiko lebih tinggi membantunya mengurangi kebutuhan pemberian perawatan lewat intravena dan infus - Manfaat ASI Bagi Bayi Prematur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar