Selasa, 03 April 2012

Penggunaan Image Diagnostik (USG, Rontgen, CT Scan, MRI ) Selama Kehamilan



Panduan ACOG  berikut untuk pemeriksaan rontgen atau Pemeriksaan Radiologis lain selama kehamilan yang disarankan:

1. Ibu Hamil harus diberi konseling bahwa Prosedur paparan sinar-X sebanyak sekali tidak mengakibatkan efek berbahaya pada janin. Secara khusus, paparan kurang dari 5 rad belum dikaitkan dengan peningkatan anomali janin atau keguguran.

2. Kekhawatiran tentang kemungkinan efek dosis tinggi paparan radiasi pengion tidak boleh menghalangi proses diagnostik sinar-X dari prosedur yang dilakukan pada wanita hamil. Selama kehamilan, prosedur pencitraan lain yang tidak terkait dengan radiasi pengion (misalnya, ultrasonografi, MRI) harus dianggap bukan sinar-X bila perlu.

3. Ultrasonografi dan MRI tidak berhubungan dengan janin diketahui efek samping.

4. Konsultasi dengan ahli dalam perhitungan dosimetri dapat membantu dalam menghitung Perkiraan dosis yang menimpa janin ketika beberapa diagnostik sinar-X dilakukan pada pasien Ibu hamil.

5. Penggunaan isotop radioaktif dari yodium merupakan kontraindikasi untuk digunakan selama kehamilan.

6. Zat Radiopak dan kontras tidak menyebabkan kerugian dan mungkin bermanfaat diagnostik, namun agen ini harus digunakan selama kehamilan hanya jika manfaat potensial membenarkan potensi risiko terhadap janin.





Menjalani proses diagnostik sinar-X sebanyak satu kali tidak mengakibatkan paparan radiasi cukup untuk mengancam kesejahteraan dari proses perkembangan preembryo, embrio janin, atau dan bukan merupakan indikasi untuk aborsi terapeutik. Ketika beberapa pemeriksaan diagnostik sinar-X diperlukan selama kehamilan, prosedur pencitraan tidak terkait dengan radiasi pengion, seperti ultrasonografi dan pencitraan resonansi magnetik, harus dipertimbangkan. Selain itu, mungkin juga diperlukan berkonsultasi dengan ahli dalam perhitungan dosimetri untuk menentukan perkiraan dosis janin . Penggunaan isotop radioaktif dari yodium merupakan kontraindikasi untuk digunakan terapi selama kehamilan. Radiopak lain dan agen kontras paramagnetik belum diteliti pada manusia, tapi studi hewan menunjukkan bahwa agen ini tidak menyebabkan kerusakan pada janin manusia berkembang. Meskipun teknik pencitraan yang memerlukan agen ini mungkin bermanfaat, teknik ini harus digunakan selama kehamilan hanya jika manfaat potensial membenarkan potensi risiko terhadap janin.

Berbagai modalitas pencitraan yang tersedia untuk digunakan diagnostik selama kehamilan.

 Ini termasuk X-ray, ultrasonografi, magnetik resonance imaging (MRI), dan studi kedokteran nuklir. Dari jumlah tersebut, diagnostik sinar-X adalah penyebab paling sering dari kecemasan untuk dokter kandungan dan pasien. Banyak dari kecemasan ini adalah  kepercayaan umum bahwa setiap paparan radiasi berbahaya dan akan mengakibatkan janin anomali. Kecemasan ini bisa mengakibatkan aborsi terapeutik tidak tepat dan litigasi.  menurut American College of Radiologi, tidak ada hasil prosedur tunggal diagnostik sinar-X dalam paparan radiasi ke tingkat yang akan mengancam kesejahteraan dari preembryo berkembang, embrio, atau janin Dengan demikian, paparan tunggal sinar-X selama kehamilan bukan merupakan indikasi untuk aborsi terapeutik 

Beberapa wanita yang terkena sinar-X sebelum diagnosis kehamilan. Sesekali, X-ray prosedur akan ditunjukkan selama kehamilan untuk masalah medis yang signifikan atau trauma. Untuk memungkinkan dokter untuk pasien nasihat tepat, informasi berikut disediakan tentang potensi risiko dan tindakan yang dapat mengurangi diagnostik sinar-X eksposur.

Paparan Rontgen/X-Ray 

Radiasi pengion dapat menyebabkan 3 efek berbahaya berikut: 1) kematian sel dan efek teratogenik, 2) karsinogenesis, dan 3) efek genetik atau mutasi pada sel germinal 

sebuah sinar-X umumnya menghadapkan janin untuk jumlah yang sangat kecil radiasi. Umumnya selama masa kehamilan, rahim terlindung untuk prosedur nonpelvic. Dengan pengecualian barium enema . Radiasi eksposur dari computed tomography (CT) bervariasi tergantung pada jumlah dan jarak dari bagian gambar yang berdekatan. Meskipun pelvimetri CT dapat menghasilkan eksposur janin setinggi 1,5 rad, paparan dapat dikurangi menjadi sekitar 250 mrad (termasuk paparan gonad janin) dengan menggunakan teknik rendah paparan 

Spiral (atau heliks) CT scan terus menerus memungkinkan kondisi pasien dipindahkan melalui scanner, menyediakan kecepatan superior dan kualitas gambar. Paparan radiasi dipengaruhi oleh ketebalan irisan, jumlah pemotongan yang diperoleh, dan "lapangan," rasio didefinisikan sebagai jarak  perjalanan selama satu 360-derajat rotasi dibagi dengan ketebalan bagian. Dosis pasien sebanding dengan 1 per pitch. Dalam penggunaan yang khas dengan pitch dari 1 atau lebih, paparan radiasi terhadap janin dari CT spiral adalah sebanding dengan CT konvensional 

Kematian sel dan Efek teratogenik

Data dari studi hewan menunjukkan bahwa paparan dosis tinggi radiasi pengion (yaitu, jauh lebih besar daripada yang digunakan dalam prosedur diagnostik) sebelum implantasi kemungkinan besar akan mematikan ke embrio. Dengan kata lain, kematian sel yang paling mungkin sebuah "semua atau tidak ada" 


 Efek teratogenik Myriad telah dikembangkan pada hewan terkena radiasi dosis besar (yaitu, 100-200 rad). Namun, pada manusia, pertumbuhan pembatasan, mikrosefali, dan retardasi mental adalah efek samping yang paling umum dari radiasi dosis tinggi .

 Berdasarkan data dari korban bom atom, tampak bahwa risiko efek sistem saraf pusat yang terbesar dengan paparan pada 8-15 minggu kehamilan, tanpa risiko terbukti kurang dari 8 minggu kehamilan atau lebih besar dari 25 minggu kehamilan. Dengan demikian, pada 8-15 minggu kehamilan, janin yang berisiko terbesar akibat radiasi keterbelakangan mental,  pada dosis paling sedikit 20 rad . Sebagai contoh, risiko keterbelakangan mental yang berat pada janin terkena radiasi pengion adalah sekitar 40% pada 100 rad paparan dan mencapai 60% pada 150 rad paparan 
 Ia telah mengemukakan bahwa ambang batas untuk efek samping tersebut mungkin ada di kisaran 20-40 rad  Bahkan beberapa diagnostik sinar-X prosedur jarang menyebabkan paparan radiasi pengion untuk gelar ini. Risiko janin anomali, pembatasan pertumbuhan, atau aborsi tidak meningkat dengan paparan radiasi kurang dari 5 rad, tingkat di atas kisaran paparan untuk prosedur diagnostik 


Karsinogenesis

Risiko karsinogenesis akibat dalam eksposur rahim terhadap radiasi pengion tidak jelas tetapi mungkin sangat kecil. Diperkirakan bahwa 1-2 rad paparan janin dapat meningkatkan risiko leukemia dengan faktor 1,5-2,0 atas kejadian alam dan bahwa  diperkirakan 1 pada 2.000 anak terkena radiasi pengion dalam rahim akan mengembangkan leukimia. Ini meningkat dari tingkat latar belakang sekitar 1 dari 3.000 . Jika aborsi elektif dipilih dalam setiap contoh paparan janin untuk radiasi, 1.999 terkena, janin normal akan dibatalkan untuk setiap kasus leukemia dicegah . Telah diperkirakan bahwa risiko akibat radiasi karsinogenesis mungkin memang lebih tinggi pada anak dibandingkan dengan orang dewasa, namun risiko tersebut tidak mungkin melebihi 1 dalam 1.000 anak . Dengan demikian, aborsi tidak boleh dianjurkan hanya berdasarkan paparan radiasi diagnostik.

Ultrasonografi

Ultrasonografi melibatkan penggunaan gelombang suara dan bukan merupakan bentuk radiasi pengion. Tidak ada laporan didokumentasikan efek yang merugikan bagi janin prosedur USG diagnostik, termasuk pencitraan Doppler dupleks. Energi paparan dari ultrasonografi telah  terbatas pada 94 mW/cm2 oleh US Food and Drug Administration. Tidak ada kontraindikasi untuk prosedur USG selama kehamilan, dan modalitas ini telah banyak menggantikan sinar-X sebagai metode utama pencitraan janin selama kehamilan.

Magnetic Resonance Imaging

Dengan MRI, magnet yang mengubah keadaan energi dari proton hidrogen digunakan sebagai pengganti radiasi pengion . Teknik ini bisa membuktikan sangat berguna untuk diagnosis dan evaluasi janin anomali sistem saraf pusat dan kelainan plasenta (misalnya, akreta, previa).

Kedokteran Nuklir

Studi nuklir seperti paru tiroid ventilasi-perfusi,, tulang, ginjal dan scan dilakukan oleh "tagging" agen kimia dengan radioisotop. Paparan janin tergantung pada sifat fisik dan biokimia dari radioisotop (6).

Teknesium Tc 99m adalah salah satu isotop yang paling umum digunakan dan digunakan untuk otak, tulang, ginjal, dan scan jantung. Secara umum, prosedur ini yang terakhir berakibat pada rahim, embrio, atau paparan janin kurang dari 0,5 rad

Salah satu studi lebih umum kedokteran nuklir dilakukan selama kehamilan adalah pemindaian ventilasi-perfusi untuk emboli paru yang dicurigai. Macroaggregated albumin label dengan Teknesium Tc 99m digunakan untuk bagian perfusi, dan menghirup gas xenon (127Xe atau 133Xe) digunakan untuk bagian ventilasi. Jumlah radiasi yang janin terkena sangat kecil (sekitar 50 mrad) 

Dalam sebuah penelitian 2002, peneliti menghitung paparan radiasi rata-rata janin yang dihasilkan dari heliks (spiral) CT pada wanita hamil yang sehat dan dibandingkan dengan yang dilaporkan dosis radiasi janin untuk ventilasi-perfusi pemindaian paru-paru (sekitar 100-370 μGy). Meskipun paparan dari ventilasi-perfusi relatif rendah, studi ini menemukan bahwa dosis janin rata-rata terkait dengan heliks CT lebih rendah. Meskipun paparan bervariasi dengan usia kehamilan (3,3-20,2 μGy untuk trimester pertama, 7,9-76,7 μGy untuk trimester kedua, dan 51,3-130,8 μGy untuk trimester ketiga), 20 dari 23 pasien studi menunjukkan dosis janin rata-rata kurang dari 60 μGy untuk semua 3 trimester.

Yodium radioaktif mudah melintasi plasenta dan dapat mempengaruhi tiroid janin, terutama jika digunakan setelah 10-12 minggu kehamilan. Isotop radioaktif dari yodium digunakan untuk pengobatan hipertiroidisme adalah kontraindikasi selama kehamilan, dan terapi tersebut harus ditunda sampai setelah melahirkan. Jika scan diagnostik tiroid sangat penting, 123I atau Teknesium Tc 99m harus digunakan di tempat 131I .

Zat Kontras

Berbagai agen kontras intravaskular oral dan digunakan dengan X-ray dan prosedur pencitraan magnetik. Agen radiopak yang paling sering digunakan dengan CT dan radiografi konvensional mengandung turunan dari yodium dan belum diteliti pada manusia, namun iohexol, iopamidol, iothalamate, ioversol, ioxaglate, dan metrizamide telah dipelajari pada hewan dan tampaknya Tidak teratogenik . Hipotiroidisme neonatal telah dikaitkan dengan beberapa agen iodinasi diambil selama kehamilan . Untuk alasan ini, senyawa ini umumnya dihindari kecuali penting untuk diagnosis yang benar. Studi membutuhkan pandangan sebelum dan setelah pemberian agen kontras tentu akan memiliki paparan radiasi yang lebih besar. Meskipun beberapa agen radiopak masuk ke dalam ASI, mereka belum dikaitkan dengan masalah keperawatan pada bayi.

Agen kontras paramagnetik digunakan selama MRI belum diteliti pada wanita hamil. Penelitian terhadap hewan menunjukkan peningkatan tingkat aborsi spontan, kelainan rangka, dan kelainan viseral ketika diberikan pada 2-7 kali dosis manusia direkomendasikan. Tidak diketahui apakah senyawa ini diekskresikan ke dalam susu manusia. Umumnya, agen ini harus digunakan selama kehamilan hanya jika manfaat potensial membenarkan potensi risiko pada janin seperti yang ditunjukkan dalam studi hewan.




SUMBER ASLI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar