Jumat, 27 April 2012

Javier Zanetti

Javier Adelmar Zanetti adalah pemain sepak bola Argentina yang berposisi bek dan sebagai kapten tim di Inter. Di level klub, Zanetti pernah bermainuntuk klub Talleres de Remedios de Escalada (divisi 3) dan Banfield sebelum pergi ke Italia yaitu ke klub Internazionale Milano pada tahun 1995. Bersama klub ini ia telah tampil sebanyak 454 kali dan mencetak 17 gol. Untuk Argentina, pemain bertinggi badan 176 cm ini tampil 101 kali (pada Juli 2005) dan pemain berjuluk Il Capitano (The Captain) atau El Tractor (The Tractor) memperkuat negaranya pada Piala Dunia 1998 dan Piala Dunia 2002. Ia juga sebagai anggota tim Olimpiade sepak bola negaranya saat merebut medali perak Olimpiade musim panas tahun 1996 di AtlantaGeorgiaAmerika Serikat .
            Zanetti terkenal dengan adaptasi tingginya di setiap posisi defensif. Ia dapat bermain di posisi bek sayap, jangkar (gelandang bertahan), gelandang tengah, serta sebagai winger (pemain sayap). Itulah sebabnya ia dijuluki El Tractor. Pria yang menjabat sebagai kapten Inter sejak 1998 ini juga punya kehebatan dalam hal menggiring bola. Ia pun punya visi menyerang dan bertahan yang seimbang. Selain itu, Zanetti, yang selalu dipercaya sebagai starting XI andalan sejak Inter dilatih oleh Luis Suarez pada tahun 1995, mencetak rekor sebagai pemain dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah I Nerazzurri. Pria yang telah membela timnas Argentina sejak 1994 ini telah melewati rekor Giuseppe Bergomi, yang mencetak caps sebanyak 519 dan membela panji La Beneamata pada periode 1980-1999. Zanetti menyamakan caps-nya dengan Bergomi ketika Inter membungkam Bologna FC dengan skor 4-1 pada tanggal 16 Januari 2011.
          "Saya berharap tampil sempurna di partai ini. Apalagi, Inter akan bermain di Giuseppe Meazza, tempat di mana saya menghabiskan lebih dari 15 tahun hidup saya." Demikian kata Zanetti sebelum memainkan partai Inter vs Bologna-merujuk pada Zanetti yang akan mencetak rekor sebagai pemain dengan caps terbanyak di Inter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar