Senin, 07 Mei 2012

Tanda-Tanda Kanker Paru-Paru

Kumpulan InformasiTanda-Tanda Kanker Paru-Paru





KANKER paru-paru termasuk sulit dideteksi secara dini. Tetapi, ada beberapa hal yang dapat diwaspadai sebagai gejala kanker paru.


"Seperti prinsip penyakit kanker lainnya, jika semakin cepat ditangani pada stadium awal, kemungkinan sembuh semakin besar. Tapi masalahnya, deteksi dini agak susah pada kanker paru-paru," tutur dr Ronald Hukom SpPD-KHOM, spesialis kanker pada orang dewasa dari RS Kanker Dharmais saat dihubungi Okezone melalui telepon genggamnya, Jumat (27/4/2012).

Ronald menjelaskan, deteksi dini adalah suatu proses yang dilaksanakan bertahun-tahun untuk menemukan penyakit. Untuk kanker paru-paru, tidak memiliki gejala saat didiagnosis dan kanker ditemukan secara kebetulan ketika melakukan rontgen dada atau CT scan untuk pemeriksaan lain.

Kendati demikian, terdapat beberapa gejala awal yang patut diwaspadai sebagai awal mula kanker paru-paru. Berikut ini tanda-tandanya:

Batuk tidak sembuh berminggu-minggu

Batuk hingga berminggu-minggu, itu patut curiga. Tiga minggu tak sembuh, segera periksa ke dokter. Tapi bukan lantas itu kanker paru, bisa jadi infeksi dan alergi. Karenanya, harus segera diperiksa agar segera ditangani.

Batuk darah

Prinsipnya, batuk dalam jangka waktu cukup lama, apalagi disertai darah, harus segera periksa lengkap. Batuk darah, walaupun darahnya sedikit, itu pertanda serius.

Sakit dada

Jika dada terasa sakit tanpa penyebab yang jelas, itu juga bisa menjadi gejala.

Turun berat badan tanpa sebab

Begitupun jika Anda merasa berat badan turun, padahal sedang tidak diet, tidak melakukan usaha-usaha menurunkan berat badan. 

Nyeri pada tulang

Gejala lain juga jika terasa nyeri pada tulang. Kanker paru menekan saraf sehingga terasa nyeri tanpa sebab yang jelas, itu juga di waspadai.

Sakit nafas

Ketika nafas sakit, begitu sulit, istilahnya bengek seperti orang asma, itu juga salah satu pertanda.

Semua tanda-tanda tersebut harus diperiksa ke dokter. Bila Anda jelas perokok aktif, nyeri dada, batuk-batuk terus, apalagi disertai darah, itu kemungkinan besar gejala kanker paru-paru karena lebih dari satu atau dua tanda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar